SMKN 2 PURBALINGGA

Jl. Raya Selaganggeng, Kec. Mrebet - Kab. Purbalingga

www.smkn2purbalingga.sch.id

WORKSHOP IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DIGELAR MENJELANG TAHUN AJARAN 2022/2023

Selasa, 05 Juli 2022 ~ Oleh Fajar Dwi Pamuji ~ Dilihat 433 Kali

Purbalingga - Workshop implementasi kurikulum merdeka dilaksanakan SMKN 2 Purbalingga untuk menyambut tahun ajaran baru 2022/2023. Workshop tersebut berlangsung selama 4 hari yaitu Selasa-Jum'at, 21-24 Juni 2022. Workshop tersebut diharapkan untuk dapat langsung menghasilkan produk berupa perangkat mengajar di tahun ajaran baru. Hal tersebut disampaikan oleh Kepala SMKN 2 Purbalingga, Sigit Priyambodo, S.Pt. MP, bahwa workshop tersebut bertujuan untuk memudahkan sekaligus menyamakan persepsi dalam implementasi kurikulum merdeka, sehingga produk perangkat ajar yang dihasilkan nanti sesuai rambu-rambunya. Selanjutnya Wakil Kepala Bidang Kurikulum, Taufik Idzhari, S.Pd menyampaikan bahwa workshop ini terutama untuk guru yang mengajar kelas X yang akan langsung mengimplementasikan kurikulum merdeka, sementara guru kelas XI dan XII akan mengimplementasikan kurikulum tersebut tahun kedua dan ketiga.

 

Kepala Cabang Dinas Pendidikan IX, Dwi Yuliati Mulyaningsih, S.Pd. M.M, menyampaikan saat ini banyak hal yang perlu diperbaiki dalam pendidikan. Pasalnya beliau saat ini cukup jarang menemukan tatakrama yang baik dari para murid. Beliau pun menyampaikan contoh pada saat bertamu ke suatu sekolah yang mengesankan beliau. Kesan tersebut timbul karena tatakrama petugas yang memberikan minuman dan makanan di meja tidak mau lebih tinggi dari para tamu yang sedang duduk, maka petugas tersebut tidak berdiri namun menyamakan posisi dengan tamunya. Beliau menyampaikan bahwa hal tersebut jarang ditemui untuk saat ini, sehingga beliau meminta untuk hal semacam itu diajarkan kepada murid. Selanjutnya beliau membuka acara tersebut secara resmi.

 

Selanjutnya Drs. Suwanto, M.Pd sebagai pemateri pada workshop tersebut menyampaikan pentingnya disiplin sebagai ASN dan pegawai lainnya. Beliau mewanti-wanti supaya jangan sampai ada laporan ke Cabang Dinas Pendidikan IX tentang indisipliner yang dilakukan oleh ASN maupun pegawai dari SMKN 2 Purbalingga. Selanjutnya beliau pun menyampaikan kasus-kasus yang sudah terjadi serta persentasenya di beberapa daerah. Hal tersebut bertujuan sebagai pelajaran bagi SMKN 2 Purbalingga. Kemudian beliau pun menekankan untuk disiplin waktu, tidak hanya datang dan pulang tepat waktu, namun, juga apa yang dilakukan pada waktu kerja, sudah sesuai untuk dedikasi kerja atau hanya menghabiskan waktu dengan percuma.

Pemateri ketiga, Untung Supriyadi, S.Pd.I. M.Pd., menyampaikan tentang kurikulum merdeka dengan cukup rinci. Beliau pun tidak hanya menyampaikan secara teori namun memberikan contoh-contoh yang pernah beliau lakukan di sekolahnya, karena beliau adalah seorang Kepala Sekolah. Beliau mengubah maindset pendidikan SMK untuk saat ini, yaitu dengan menyampaikan perkembangan dan perubahan metode pendidikan yang terus terjadi dari masa ke masa. Saat ini sudah waktunya menurut beliau untuk dilakukan perubahan. Beliau menyampaikan pemikiran dan contoh-contoh pada beberapa pelajaran yang mampu menggugah kesadaran dan semangat para pendidik di SMKN 2 Purbalingga. Untung Supriyadi, S.Pd.I. M.Pd. tidak hanya menyampaikan materi tersebut, namun juga membimbing para pendidik dalam menyusun KTSP dan KOSP yang akan digunakan pada tahun pelajaran 2022/2023.

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT